Share :

Ciri-Ciri Alternator Mobil Rusak & Penyebab Tegangan Alternator Drop

Ciri-ciri Alternator Rusak
Ciri-Ciri Alternator Mobil Rusak

1.Lampu Aki Menyala
Pada saat anda menghidupkan mesin dan di speedometer anda terlihat lampu aki menyala maka itu memberikan tanda kalau alternator listrik atau generator pada mobil anda tidak memberikan daya listrik kemungkinan terkecil adalah karbon brush aus/habis hingga ic regulator mati.

2.Alternator berbunyi
Bunyi yang ada pada alternator ini sering kali disebabkan karena bearing alternator yang ada pada mobil anda sudah rusak sehingga anda dapat mendengar suara keras yang berasal dari alternator , dan bisa juga bunyi ini disebabkan dari dioda rectifier yang sudah putus.

3.Aki Baru Tapi Tetap Tekor
Apabila anda sudah mengganti aki anda dengan aki yang baru namun aki anda selalu drop dan tidak bisa di starter pada pagi hari, hal ini bisa disebabkan karena tegangan yang dihasilkan oleh alternator ini kurang baik, sehingga pengisian aki tidak maksimal dan tidak sebanding dengan daya yang digunakan oleh mobil anda, output dari alternator ini untuk pengisian aki 12 volt seharusnya berada pada kisaran 13,6 sampai dengan 14 volt.
Apabila alternator anda tidak bisa menghasilkan tegangan yang tinggi atau dibawah 13.6 volt maka bisa dipastikan kalau aki anda akan selalu tekor dan juga tidak kuat untuk starter mobil anda walaupun lampu indikator aki tidak menyala pada speedometer anda, terutama utnuk mobil-mobil yang menggunakan banyak kelistrikan seperti ac, audio, dan berbagai aksesoris lain yang memakan banyak daya listrik.

Penyebab Tegangan Alternator Drop
Penyebab Tegangan Alternator Drop

1.Dioda Rectifier Putus
Apabila salah satu dari dioda rectifier yang ada pada alternator ini putus dengan IC regulator maka arus yang akan dihasilkan Alternator menjadi kurang maksimal.

2.Setelan Ket Out Eksternal Voltage
Setelah ket out eksternal votage regulator yang masih menggunakan cut of dan hal ini juga sering membuat alternator anda menjadi drop.

3.Carbon Brush Dan Rotor Slip Rings
Hubungan diantara rotor slip rings dan carbon brush yang kurang baik juga membuat alternator anda drop karena akan menghambat adanya arus listrik ke rotor yang ada pada alternator.

4.Alternator Overcharge
Dan apabila alternator anda overcharge misalkan alternator anda mengeluarkan daya 15 volt, hal ini akan membaut aki anda cepat rusak , karena air yang ada didalam aki itu akan mendidih namun selain dari aki anda juga bisa melihat dari headlamp mobil anda yang akan menyala sangat terang namun akan nampak berkedip atau redup apabila rmp mesin anda naikan, dan hal ini tidak hanya merusak aki pastinya bohlam lampu anda juga akan cepat putus solusinya dg mengganti ic regulator.
Demikian terima kasih.(Bengkel Dinamo Katamso)

Share :