Share :

Cara Memasang Tachometer Variasi Motor Di Mobil Colt T120

Cara Memasang Tachometer Variasi Motor Di Mobil Colt T120
Kalo ada yang berminat pasang tacho variasi di mobil MITSUBISHI COLT T120, ini dia cara untuk memasang tachometer variasi motor di mobil, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan : 
  1. Di tachometer variasi sepeda motor biasanya ada 5 kabel, dua untuk lampu yang tiga lainya ke positif (+) aki (kontak), ke negatif aki (-) dan bodi ke negatif (-) koil.
  2. Di kasus punya saya kabel hijau ke bodi, hitam ke negatif (-) aki, dan kuning ke negatif (-) koil.
  3. Setelah semua dipasang ternyata ada yang janggal, posisi langsam (kisaran 1000rpm) tapi jarum menunjukkan ke 3000an rpm, tenang dan gak usah panik ! Karena memang ini variasi buat motor yang umumnya 1 silinder, otomatis yang sebenarnya satu putaran mesin dibaca tiga putaran karena pulser diambil dari negatif (-) koil yang melayani 3X pengapian setiap putaran mesin, solusinya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membongkar tachometer variasi tersebut.
Hati-hati dan butuh kesabaran untuk membukanya, setelah itu akan ketemu trimpot dari plastik, digambar yang ada tulisannya SO3, putar kekiri sedikit disesuaikan dengan putaran mesin mobil MITSUBISHI colt t120 anda, setelah dirasa pas, rakit kembali dan pasang tachometer dimana saja sesuai selera rekan-rekan mitsubishi colt t120lovers, Selamat mencoba (@Andi Twoo Stroker)

Share :