Share :

Proses Restorasi Colt 79, Engine Swap L300 Bensin

MESIN-Mesin yang tadinya over size 50 distandarkan lagi, silinder di boss standart, ganti piston standart, ring piston baru, metal jalan baru over size 0.25, metal duduk baru over size 0.5, boss klep dan klep baru, silindercop di las babet kemudian di grinding supaya rata saja. Plat kopling dan matahari baru juga. Tujuannya klo jalan jauh/pulang kampung biar tidak rewel.
Segelondong mesin berikut transmisi mesin MITSUBISHI L300 bensin 1995
"Dulu pertama-tama memelihara colte, sudah lelah di kerjain colt mas.....sering mogok, dari temperatur naik, kagak naik tanjakan, oli habis melulu, piston meleleh, bau air acu waktu nyopir dan bersin-bersin....banyak lah mas nostalgianya...seperti bengkel berjalan saja ha ha...Sang istri pikir pada gejala pilek karna bersin-bersin terus dijalan. Nggak tahunya kiprok nyetelnya kelebihan, terus air accu mendidih. Resiko pakai kiprok." Lanjut Bambang Legowo, penggemar warna biru dongker ini.

Waktu itu setelah di setel ok dan air accu tidak mendidih, eee... malah setrumnya tidak ngisi. Ahkirnya tekor lampu tidak terang dan cilakanya lagi pas mati mesin dan mau ngak mau dorong yuk dorong dah.

Engine swap colt t120 pakai mesin MITSUBISHI L300 1995
Dari pengalaman tersebut jadi ada niat untuk total perbaikan dan hasilnya seperti sekarang ini dan malahan bisa 3 fungsi. Pertana untuk kerja, kedua untuk wisata keluarga, ketiga untuk mejeng juga. Dan dari situ pula sang istri mendukung untuk pelan-pelan betulin mobil biar normal seperti mobil pajero ( PAnas Jobo jERO). "Makanya DP saya deket-deket MITSUBISHI PAJERO terus mas....biar ketularan, setiap ada Pajero parkir saya pepet dan saya foto...Ha ha. Ha" lanjutpria penuh humor ini.

SISTEM PENGEREMAN
Barang kali juga ada rekan-rekan ColtT120Lovers mau pakai rem cakram, saya pakai cakram MITSUBISHI L300 solar sebendel ...dari disc, master rem dan boster. Kaki-kai depan masih orisinil bawaan MITSUBISHI colt t120, hanya ambil piringan cakramnya dan disc-nya saja..karna waktu beli harus satu glondong seperti tampak di foto...sekarang malah punya as baloknya +per nya nganggur. 
Pemasangan cakram-pembubutan cakram MITSUBISHI L300 diesel
Lumayan mas, dulu waktu belum pakai boster kalau ke Tawangmangu turunnya ngerem sampai pegel kakinya + stress. Yang belakang masih pakai sistem pengereman model teromol. Berikutnya adalah proses pembuatan body minibus, cekidot :

Share :