Share :

COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG

Posisi tabung gas COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG 
Colt T120 berbahan bakar gas ??? yup, ini adalah inovasi yang dilakukan oleh salah satu ColtT120Lovers asal Kajen, Pekalongan. Berdasar uji coba yang dilakukan, tabung ukuran 3 kg bisa menempuh jarak kurang lebih 260 km. Cukup irit dan hemat dibandingkan jika masih menggunakan bahan bakar premium atau bensin. 
COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG 
Meskipun ini baru tahap uji coba, bahkan selang yang digunakan pun masih selang plastik biasa seperti yg dijual di toko bangunan, tapi mobil MITSIBISHI COLT T120 ini sudah jalan 6selama 6 bulan dan tidak menemui kendala berarti. Pengatur keluar masuknya gas berada dibawah setir mobil

Dalam keseharianya, mobil modifikasi BBG ini digunakan sebagai armada untuk distribusi BBG melon alias gas 3 kilogram. Posisi tabung gas terletak disebelah kiri belakang roda depan (gambar atas) dengan cara 'merobek' pelat bak belakang. Mobil ini menggunakan 2 buah tabung gas ukuran 3 kg. "Cuma kalau untuk tenaga masih kurang, makanya kita utak-atik lagi dan alhamdulillah setelah kita tambahkan elemen penarik gas baru tenaganya joss. Perangkat yang tanpa tarikan gas tambahan.
skema COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG 
Muat elpiji bak penuh sampai keatas lancar, tanjakan rata dan turunan stabil" tutur mas bro Retro Bocc Kajen, si empunya mobil.
rangkaian alat COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG 
Total biaya kurang lebih sekitar  2 juta rupiah untuk pembelian membran (yang paling mahal), slang gas asli, kran serta elemen lainnya beserta 2 tabungnya. Skema pemasangan konverter di karburator
mekanisme keran gas COLT T120 Berbahan Bakar Gas LPG 
Elemen penarik gas, kabel gas 2 cabang pakai tambahan kabel dan selongsong sepeda . Satu ke skep karbu dan satunya ke elemen penarik gas agar tenaga tarikan jadi nambah. Jika tidak memakai elemen ini maka tenaga ditanjakan akan kurang karena tidak ada penarik/pengatur gas pada sumber elpiji nya.
Skema konverter BBG
Elemen putih mirip yang mirip filter oli itu membran atau converter kitnya untuk otomatis pengatur buka tutupnya elpiji, dan empunya bilang itu hasil modifikasi sendiri. Di converternya hanya saluran masuk dan keluarnya gas, krannya gas dibuat tersendiri diluar itu.

Yang ke karbu kurang lebih sama dengan gambar diatas pelampung dilepas diganti selang masuk ke intake karbu.

Share :